Sunday 10 December 2017

Puisi anak TBM Cerdas siswa SDN 01 Wringinagung. (bag. 6 Karya Ayu Sofi)


1.   PUISI ANAK JALANAN
Karya Ayu Sofi siswa kelas VI


Aku seperti debu yang mengotori tepi jalanan
Kadang terhempas kesana kemari
Ikuti lalu angin yang datang menghampiri
Meski berlumpur peluh

Inilah aku anak jalanan
Menggelandang tak tahu arah pulang
Dengan sebingkis asa yang kugendong
Kutelusuri jengkal demi jengkal jalanan
100 Puisi anak kelas 2 SD

Panas dan hujan itu teman setia
Dingin malam kujadikan selimut
Sebab aku harus berjuang sendiri
Bertahan hidup dan melawan dunia

TAMAN BACA CERDAS

2.   ARSITEK
Karya Ayu Sofi siswa kelas VI


Aku bercita-cita ingin menjadi arsitek
Bisa menciptakan gedung yang tinggi dan rumah-rumah mewah
Menyenangkan hati orangtua, sanak saudara pasti bangga
Di situ juga aku akan menciptakan hal-hal yang unik

Aku ingin jadi arsitek
Meringankan jasa orangtua
Aku yakin pasti bisa suatu hari nanti
Aku akan jadi arsitek


Puisi anak TBM lainnya Klik DI SINI


3.   AKU INGIN JADI SARJANA
Karya Ayu Sofi siswa kelas VI


Aku ingin belajar yang rajin
Agar jadi sarjana
Dan membahagiakan orangtua dan semua orang
Meraih masa depan gemilang

Kalau kita sudah jadi sarjana
Pekerjaan merasa mudah
Mau kerja apapun diterima
Dan menjadi orang sukses

Aku yakin pada suatu hari nanti
Pasti itu akan terwujud
Dengan belajar yang rajin menuntut ilmu
Pasti aku akan menjadi sarjana

Karya Campuran Anak TBM Cerdas

4.   DOKTER
Karya Ayu Sofi siswa kelas VI


Kau selalu menyelamatkan pasien
Dulu saat aku sakit kau yang menyembuhkan
Orang-orang butuh kau
Kau yang bisa menyelamatkan mereka

Kau adalah pelita kehidupan
Kau adalah segalanya bagi semua orang
Kau cahaya bagi semua orang
Kau adalah musuh semua penyakit

Bayangkan jika tidak ada kau
Pasti mereka sakit-sakitan tidak tahu apa yang terjadi
Dokter janganlah pergi ke luar negeri
Kami membutuhkanmu

5.   SAAT LIBURAN
Karya Ayu Sofi

Disaat liburan
Aku diajak ayah dan ibu  bepergian
Sungguh senang hati riang
Disaat liburan jalan-jalan ke taman

Di sana sungguh indah pemandangan
Ada pohon, bunga dan kupu-kupu
Rumput hijau bagaikan tikar
Langit biru bagaikan atapnya

Sungguh indah hari libur
Manfaatkan waktu luang untuk jalan-jalan
Senang-senang dengan keluarga
Andai aku bisa kembali liburan


6.   SENANG BERSEKOLAH


Bersekolah itu menyenangkan
Punya banyak teman
Bisa bermain bersama
Banyak yang kita bisa mainkan

Dan juga  bisa belajar mencari ilmu
Sampai tercapai cita-cita
Coba bayangkan jika tidak sekolah
Kita akan bodoh dan jadi orang yang tidak sukses

Ayolah kawanku semua bersekolah
Sekolah itu menyenangkan
Banyak ilmu yang akan kita dapat
Jadilah orang sukses

7.   PELANGI


Kau seperti anugrah tuhan yang paling indah
Dipandang setiap waktu siapa yang melihatmu
Akan terkesan dan berkaca-kaca
Jaman dahulu percaya bahwa kau adalah bidadari

Warnamu sangat indah ada macam-macam warna
Seperti merah, kuning, hijau dan lain-lain
Indah sekali parasmu
Dan seperti cekungan jalan ke alam lain

Disaat kumenatapmu seperti menatap indahnya dunia
Oh pelangi kau anugrah dari tuhan


8.   BENDERA


Kau adalah tanda para negara
Di setiap negara pasti kau dibutuhkan
Dan kau bisa dibutuhkan untuk upacara bendera
Kita menghormati semua bendera

Kau dibutuhkan oleh negara-negara
Sebagai tanda tanah air
Hidup dan matiku hanya untukmu
Menjaga bendera dan negara RI

Sebagai awal kemerdekaan
Semua negara harus mengibarkanmu
Kau dibutuhkan semua negara sebagai tanda telah berdaulat
Oh bendera



No comments:

Post a Comment