Thursday 30 November 2017

100 PUISI KARYA ANAK TBM CERDAS DAN SISWA SDN 01 WRINGINAGUNG.(bag.1)

puisi karya  subardi slamet a, siswa kelas 2  sdn 01 wringinagung
saMPAI HARI INI KARYANYA SUDAH TERKUMPUL 90 PUISI, DAN KARYA ANAK-ANAK YANG LAINNYA SEHINGGA JUMLAHNYA SUDAH MENCAPAI lebih dari 100 PUISI




1.   MATAHARI
KARYA SUBARDI SLAMET A


Matahari kau menyinari dunia dengan panasmu
Jika tidak ada kau dunia akan murung
Anak-anak tidak gembira atau senang
Aku bangga hidup di bumi

Bukan aku saja orang di bumi
Juga ikut senang karena apa
Karena di bumi banyak peninggalan-peninggalan sejarah
Aku bangga  hidup di bumi  TAMAN BACA CERDAS

Pekalongan, 17  November 2017


2.   SUNGAI YANG JERNIH
KARYA SUBARDI  SLAMET A


Oh sungai kau jernih sekali orang banyak yang
Mengangsu/mengambil  padamu untuk dibuat minuman
Dan banyak yang mandi di sana
Dan banyak ikan

Airnya besar dan jernih
Orang banyak yang berendam disana
Orang siapapun boleh ke sana tanpa ijin
Oh sungai yang jernih  kau menyejukan kami , terima kasih
Sungai                yang         jernih

Pekalongan, 17  November 2017



3.   HOBI


Hobi itu adalah hal yang setiap hari kita lakukan sehari-hari kita semua pasti punya hobi
Seperti bermain kelereng, mancing dan lain-lainnya
Aku bangga memiliki hobi karena meyenangkan

Kita harus memiliki hobi  karena kita anak-anak
Disaat anak-anak kita harus punya hobi
Dari kecil supaya aku besar nanti
Aku besar menjadi pemuda yang sukses

Inilah kisah kami mohon maaf atas kekurangannya

Pekalongan, 17  November 2017 Puisi lainnya KLIK DI SINI


4.   OH SENDALKU


Kau menyelamatkanku dari besi dan yang tajam-tajam, terima kasih
Kau juga membuat kakiku tidak kotor
Kau membuat lantai tidak kotor
Kau membuatku bisa kemana saja

Kau membuat tidak sakit jika bermain bola
Kau membuat bola itu pas pada temanku
Oh sendalku aku sangat menghargaimu
Terima kasih sendalku

Pekalongan, 17 Nov 2017

5.   OH BAJUKU


Kau membuat aku tidak kelihatan jorok-jorok
Kau menutupi semua badanku
Semua orang pasti menggunakan kau
Oh baju, kau  punya pasangan yaitu celana


Setiap hari kau membuatku tidak malu dalam keramaian
Kau terlihat sangat bagus jika dipakai
Terima kasih oh bajuku
Aku suka memakai baju  dan celana

Pekalongan, 17  November 2017

Loker puisi KLIK DI SINI

6.   OH BURUNGKU


Kau berbunyi sangat merdu dan kelihatan indah
Disaat bangunpun kau sudah berbunyi
Oh burungku kau indah dan merdu
Sayapmu kecil dan lucu

Kau juga bisa dibawa ke perlombaan suara burung
Kau sangat hebat bersuara merdu
Kau bisa terbang dan berbunyi
Kau bisa pergi  jauh ke negara lainnya

            Oh burungku yang indah

Pekalongan, 17  November 2017

7.   OH KAPALKU

Kau membuatku mudah untuk mencari ikan yang besar
Kau bisa mengapung dan lain-lain
Kau bisa dibuat atau dibeli ditoko kapal
Oh kapalku  kau bisa membawa orang

Aku bangga punya kapal
Karena bisa dibawa kemana saja yang aku inginkan
Kau yang aku inginkan
Bawalah  aku ke negara lainnya

Pekalongan, 17  November 2017 Taman Baca Cerdas KLIK DI SINI


8. OH AYAMKU


Kau membangunkanku dengan kokokanmu
Kau juga bisa dimakan
Bukan ayamnya saja
Telurnya bisa dimakan

Bukan itu saja juga bisa dibawa ke perlombaan
Adu jantan
Oh ayamku aku bangga punya ayam
Oh ayamku yang jantan

Pekalongan, 18  November 2017

9.   OH JAMKU


Oh jamku kau mengingatkanku jam, hari sudah larut jam sepuluh
Bangun pagipun aku segera melihat jam
Aku masih punya waktu sedikit
Untuk datang sekolah tepat waktu

Sampai sekolahpun aku langsung  melihat jam dan menaruh tas
Lalu menurunkan meja dan akupun menduduki mejaku sendiri berkat jam
Aku tidak terlambat juga berkat jam

                        Oh jamku kau selalu mengingatkanku jam berapa
Pekalongan, 18 Nov 2017

10.                 OH SETRIKAKU

Oh setrikaku kau menyelamatkan baju
Saat itu musim hujan saat itu hari minggu
Ibupun mencuci baju merah putihku di sungai terdekat
Aku membantu ibu  mencuci bajuku sendiri

Saat ibu menjemur  saat satu detik hujan
Untung ibu punya setrika
Jadi ibupun menyeklekan/menyalakan setrika
Dan langsung mengambil baju

Akupun berangkat sekolah dengan aman
Terima kasih setrikaku
Kau membuat aku bisa berangkat sekolah
Aku senang  sekali  karena engkau mengeringkan baju sekolahku

Pekalongan, 18  November 2017


11.                DISAAT AKU ULANGTAHUN


Disaat aku ulangtahun
Ayah menaruh balon-balon di atap dan di meja
Sementara ibu membeli kueh
Sementara aku mengundang teman-teman

Lalu kita berduduk
Sementara aku kan meniup lilin
Dan lalu kita akan
Memakan kueh bersama-sama

Dan aku akan mengucapkan
Terima kasih teman-teman karena sudah datang

Pekalongan, 18  November 2017

12.                OH JAKARTA


Kau dipenuhi gedung-gedung yang tinggi
Tapi sayang-sayang  orang  di sana tidak beraturan
Misalnya membuang sampah sembarangan
Dan melanggar lalu lintas

Semoga jakarta tidak mengulangi lagi untuk selamanya
Sehingga  kota jakarta menjadi  bersih
Dan  tidak  membuat udara  menjadi bau
Sehingga warganya  hidup bersih dan sehat

Pekalongan, 18  November 2017


13.                OH MOBILKU


Kau bisa dibawa kemana saja
Kemanapun aku mau
Kau membuat mudah kemana saja
Yang memilikimu

Kau bisa  membawa orang secukupnya
Isi dalamu  orang-orang dan tas untuk berlibur
Orang banyak yang memilikimu
Orang pasti banyak yang  menghargaimu

Pekalongan, 19 Nov 2017


14.                MAAFKAN AKU TEMAN-TEMAN


Kita biasa bertengkar
Dan tidak berkawan karena marah
Satu sama lain karena biar tahu teman-teman semua
Untuk menunjukan  permusuhan  kita
Untuk siapa yang pantas
Yang pantas jadi peminpin
Yang kuat sekali
Dari teman-teman semua

Maafkan aku teman-teman
Kita sering  bertengkar dan merasa iri
Ayo kita berteman semula lagi



Pekalongan, 19 Nov 2017


15.                MAAFKAN AKU AYAH DAN IBU


Aku selalu membuatmu marah
Aku selalu membeli  mainan yang mahal-mahal
Sampai kau mengutangnya sampai sejutaan
Aku berjanji tidak akan mengulangi lagi

Kau menahan tangisan yang besar dan sakit sekali
Kau membelikan minuman
Dan makanan untuku
Saat kau ke jakarta untuk kerja

Mencari uang untuk membayar
Utangmu yang sudah kuperbuat
Selama ini aku sangat merindukanmu
Orangtua yang paling mengerti aku

Sejak kecil selama ini
Aku akan membalas kebaikanmu
Disaat aku besar nanti untuk kebaikanmu selama ini
Karena sudah merawatku  sejak kecil

Pekalongan, 19 Nov 2017

16.                OH BUKUKU


Kau bisa digunakan untuk membaca
Dan bisa juga digunakan untuk menulis
Kau membuat orang-orang di bumi
Bisa membaca dengan lancar

Oh buku kau diterima semua orang
Oh buku di dalamu banyak
Peninggalan-peninggalan bersejarah
Bagi dunia, terima kasih buku

Pekalongan, 19 Nov 2017

17.                SAAT AKU KECIL


Saat aku kecil aku selalu minum susu
Dan memakai popok
Aku tidurpun masih menggunakan ayunan
Yang pas untuk aku

Ibu membuatkan bubur
Sementara ayah mencari nafkah
Untuk keprluan sehari-hari
Terima kasih ayah dan ibu

Kalian menahan tangisan
Karena susah merawatku
Aku berjanji tidak akan berbuat nakal
Karena aku tidak ingin membuat ayah dan ibu menangis

                        Mohon maaf atas kekurangannya
Pekalongan, 19 Nov 2017

18.                DISAAT AKU MANCING


Disaat aku mancing aku membuat api
Untuk membakar ikannya
Aku mengajak teman-teman untuk mancing
Ada yangmembawa ikan

Dan ada yang membawa umpan
Dan ada satu lagi yaitu mancing
Pancingannkupun bergerak  sendiri
Akupun menarik ternyata  itu ikan

Jadi aku sudah mendapatkan 3 ekor ikan yang besar-besar
Akupun membakar ikan itu
Dan akupun memakannya bersama-sama
Sesudah aku makan aku pulang, aku senang sekali  karena  aku bisa memancing bersama temanku

Pekalongan, 19 Nov 2017

19.                AYAH


Kau mencari nafkah  untuku
Untuk kegiatan sehari-hari
Kau mencari uang dengan pekerjaan apapun
Karena kau ingin membanggakanku sampai aku besar

Aku bangga mempunyai ayah sepertimu
Disaat kau berangkat mencari nafkah
Aku selalu berdoa untukmu

Aku akan membalas kebaikanmu
Dengan mencari nafkah
Untuk anak-anaku sendiri
Bila ada sisanya aku akan bagi kepadamu

Pekalongan, 19 Nov 2017

20.                 KOTA TEGAL


Disana penduduknya ramai dan baik
Tau tidak kenapa kota tegal dinamakan kota istimewa
Karena kota tegal  satu-satunya negara yang tidak dijajah
Tentara jepang

Karena itulah kota tegal dinamakan kota istimewa
Karena itu juga orang-orang yang ingin kesitu tahu tidak ada
Peninggalan yang istimewa yang bersejarah
Aku ingin pergi ke sana

Pekalongan, 20 Nov 2017


No comments:

Post a Comment